berat badan ideal

Tuesday 27 May 2014

// // Leave a Comment

Komparasi Berat Badan Ideal Dengan Tinggi Badan

Komparasi Berat Badan Ideal Dengan Tinggi Badan
Berat Badan Ideal
Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Tidak hanya wanita saja, tetapi juga pria yang banyak ingin memiliki berat badan yang ideal. Selain dapat menunjang penampilan menjadi terlihat sempurna, ternyata berat badan yang ideal dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi kurus atau gemuk.

Tergantung dari kebiasaan hidup dan pola makan. Bagi yang memiliki tubuh gemuk, tentunya dapat mengganggu penampilan. Sehingga tidak sedikit orang yang memiliki tubuh gemuk melakukan berbagai cara untuk bisa menurunkan badan. Untuk menghitung berat badan ideal, orang biasanya menggunakan rumus yang mudah. Pada umumnya menggunakan rumus tinggi badan dikurangi 110,maka hasilnya itu adalah berat badan yang ideal. Namun pada kenyataannya, cara tersebut bukanlah cara yang akurat menurut badan kesehatan dunia atau WHO. Mereka membuat perhitungan yang tepat untuk menentukan berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi tubuh.

Rumus tersebut disebut dengan BMI atau Body Mass Index. Cara menghitungnya yaitu berat badan dalam satuan kg di bagi dengan tinggi badan yang sudah dikuadratkan dalam satuan meter. Misalkan berat badan yang dimiliki adalah 90 kg, dan tinggi badan 165 cm. Sehingga BMI = 90 / (1. 65x1. 65) = 33. Jika BMI Anda 33 berarti termasuk dalam kategori obesitas. Untuk tiap orang berat badan yang ideal berbeda-beda tergantung dengan tinggi badan mereka masing-masing. Dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa tiap berat badan yang ideal untuk tiap orang berbeda. Di antaranya karena faktor genetika, pola makan, dan kebiasaan hidup. Biasanya jika sudah karena faktor genetika maka akan sulit untuk mengubahnya.

Untuk mengetahui berat badan ideal dengan cepat, berikut ada gambarannya mengenai berat badan yang ideal dan tinggi badan untuk pria dan wanita. Untuk yang memiliki tinggi badan 155 cm, berat badan ideal untuk pria adalah sekitar 57 – 60 kg. Jika di bawah kisaran tersebut, berarti berat badannya kurang. Dan jika lebih berarti bisa dibilang overweight. Sedangkan untuk wanita, yang ideal adalah sekitar 49-55 kg. Lalu dengan tinggi badan 157 cm, bagi pria berat badan yang ideal adalah 58-61 kg dan untuk wanita sekitar 50-56 kg. Jika tinggi badan 160 cm, maka berat badan yang ideal untuk pria adalah sekitar 59 – 61 kg, sedangkan untuk wanita adalah 51 – 57 kg. Misalkan jika tinggi badan seorang pria adalah 160 cm dan ia memiliki berat badan di bawah berat badan ideal tersebut misalnya adalah 55 kg, maka berat badan pria tersebut adalah underweight. Dan jika lebih dari berat badan yang ideal atau misalnya 62 kg, maka berat badan pria tersebut bisa dibilang normal namun dalam kategori besar.

Akan tetapi, jika lebih dari itu atau sebesar 65 kg, maka bisa dikatakan pria tersebut overweight. Namun hitungan tersebut juga tidak terlalu memaksakan Anda untuk melakukan berbagai cara yang bisa membahayakan diri Anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Ada baiknya jika Anda melakukan dengan cara yang alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan atau menambahkan berat badan Anda.

Description: Berat badan ideal untuk setiap orang berbeda-beda baik itu untuk pria maupun untuk wanita. Berat badan yang ideal ditentukan berdasarkan dari tinggi badan orang tersebut.

0 comments:

Post a Comment