Monday, 26 May 2014

// // Leave a Comment

Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?

Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?
Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?
Setiap orang pastinya ingin memiliki berat badan ideal. Namun beberapa orang masih meremehkan tentang hal itu. Padahal dengan memperhatikan berat badan memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap orang pastinya memiliki berat badan yang berbeda.

Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti misalnya makanan yang dikonsumsi, faktor genetic, maupun kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Sebelum mengetahui cara menghitung berat badan ideal, berat badan sendiri terdiri dari tiga jenis. Yang pertama yaitu jenis underweight atau yang dikenal dengan kurus. Berat badan ini berada di bawah normal.

Seseorang mengalami berat badan yang kurang dikarenakan kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh atau karena anoreksia. Anoreksia adalah suatu gangguan pada pola makan. Yang kedua adalah normal weight. Normal weight adalah berat badan yang normal. Tubuh dapat memiliki berat badan yang normal jika asupan makanan mencukupi gizi yang seimbang. Dan yang terakhir adalah overweight di mana tubuh mengalami berat badan yang berlebih.

Berat badan yang berlebih bisa dikarenakan beberapa faktor. Seperti pola makan yang tidak tepat, makanan yang dikonsumsi tidak memiliki gizi yang seimbang, dan bisa juga karena faktor genetika. Jika badan mengalami overweight, biasanya mudah terkena penyakit seperti misalnya diabetes atau asam urat. Bentuk tubuh yang ideal bukan suatu patokan yang harus diikuti untuk memperoleh berat badan ideal. Bentuk tubuh yang dimiliki oleh seorang model memang jika dilihat sangat bagus.

Akan tetapi menurut pakar kesehatan, tubuh yang dimiliki oleh model bukanlah tubuh yang sehat dan tidak patut untuk dicontoh. Berat badan yang ideal ditentukan berdasarkan dari tinggi tubuh sendiri. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan yang tepat? Berikut ini akan disajikan cara yang tepat mengukur berat badan yang ideal. Cara mengukur berat badan ideal yang pertama adalah dengan menggunakan rumus IMT atau Indeks Masa Tubuh.

Cara ini cara yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Untuk menghitung berat badan yang ideal dengan cara ini cukup mudah. Berat badan Anda dalam satuan kilogram dibagi tinggi badan dalam satuan meter yang sudah dikuadratkan terlebih dahulu. Untuk mengetahui hasilnya ideal atau tidak, ada keterangan klasifikasinya. Jika IMT < 18,5 maka underweight. Jika IMT = 18,5 – 24,9 maka normalweight, jika IMT = 25 – 29,9 maka overweight. Dan jika lebih dari 30 maka obese.

Lalu selanjutnya cara mengukur berat badan yang ideal yang kedua adalah dengan menggunakan rumus. Rumusnya yaitu tinggi badan dikurangi 100 lalu dikali 90%. Setelah itu hasilnya dikali 90% lagi. Makan akan ditemukan berat badan yang ideal berapa. Jika hasilnya lebih besar dari 10-20% dari berat badan ideal Anda berarti Anda overweight. Namun jika hasilnya lebih dari 20% berarti obesitas. Jika kurang dari 10% berarti underweight.

 Description: Berat badan ideal dapat diukur dengan dua rumus. Dengan mengetahui berapa berat badan yang ideal maka dapat membantu mengetahui keadaan kondisi kesehatan.

0 comments:

Post a Comment