berat badan ideal

Saturday 24 May 2014

// // Leave a Comment

Berat Badan Ideal Untuk Fitness

Banyak ahli mengatakan bahwa sebenarnya berat badan ideal untuk fitness itu tidak ada. Ini karena setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda, sehingga berat badan mereka tidak bisa dihitung berdasarkan rata-rata hanya untuk mendapatkan angka ideal. Namun berat badan ideal yang sehat dapat dihitung dengan menggunakan tabel Body Mass Index (BMI). Berbagai website dapat memberikan informasi yang benar mengenai cara penghitungan BMI, namun secara umum penghitungan berat badan ideal dengan melihat tabel BMI bisa dihitung dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam centimeter lalu hasilnya dikali lagi dengan tinggi badan dalam centimeter.
Angka berat badan ideal berdasarkan BMI harus berada di antara angka 18 dan 23. Namun rumus ini pun sangat tergantung pada kondisi lemak tubuh seseorang. Untuk mencapai berat badan ideal memang dibutuhkan usaha ekstra untuk membakar lemak dan mengurangi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Olah raga yang tepat seperti melakukan fitness di pusat-pusat kebugaran dapat membantu membakar lemak. Instruktur fitness biasanya akan membuat program khusus bagi Anda untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Namun, hal ini harus diikuti dengan pola makan yang sehat dan pemilihan jenis makanan yang tepat.
Memiliki berat badan ideal bukan hanya mengenai penampilan yang langsing atau atletis. Berat badan yang ideal mengindikasikan bahwa Anda memiliki kesehatan yang juga ideal, baik kesehatan fisik maupun mental. Orang yang menjaga berat badan ideal dapat menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit serius seperti diabetes, hipertensi dan stroke. Penyakit-penyakit tersebut biasanya lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan hanya melakukan aktifitas fisik yang minim. Memiliki berat badan ideal juga membuat kesehatan mental terjaga karena tingginya kepercayaan diri karena memiliki tubuh yang sehat dan bugar.
Memiliki kelebihan berat badan yang jauh dari berat badan ideal tentunya mempengaruhi psikologis seseorang. Orang yang kegemukan akan kesulitan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menuntut mobilisasi tinggi, selain itu ia akan cenderung mendapat ejekan dari lingkungannya. Orang gemuk yang jauh dari berat badan ideal juga sangat rentan mengalami hipertensi dua hingga lima kali lipat dibandingkan mereka yang tidak kegemukan. Resiko kesehatan lainnya seperti kanker, serangan jantung koroner dan stroke juga jarang terjadi pada mereka yang memiliki berat badan ideal.
Untuk mendapatkan berat badan ideal untuk fitnes yang ideal adalah dengan melakukan program-program yang dirancang khusus untuk setiap orang. Mintalah instruktur fitness Anda untuk membuatkan program latihan yang tepat agar anda bisa mendapatkan berat badan ideal untuk fitness. Lakukan program latihan tersebut secara rutin dan kontinyu agar keinginan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal dapat segera terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Deskripsi: Berat badan ideal untuk fitness bisa diukur melalui tabel BMI yang menggunakan ukuran berat dan tinggi badan. 

0 comments:

Post a Comment