Tuesday, 27 May 2014

// // Leave a Comment

Komparasi Berat Badan Ideal Dengan Tinggi Badan

Komparasi Berat Badan Ideal Dengan Tinggi Badan
Berat Badan Ideal
Memiliki berat badan ideal adalah impian setiap orang. Tidak hanya wanita saja, tetapi juga pria yang banyak ingin memiliki berat badan yang ideal. Selain dapat menunjang penampilan menjadi terlihat sempurna, ternyata berat badan yang ideal dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Setiap orang memiliki potensi untuk menjadi kurus atau gemuk.

Tergantung dari kebiasaan hidup dan pola makan. Bagi yang memiliki tubuh gemuk, tentunya dapat mengganggu penampilan. Sehingga tidak sedikit orang yang memiliki tubuh gemuk melakukan berbagai cara untuk bisa menurunkan badan. Untuk menghitung berat badan ideal, orang biasanya menggunakan rumus yang mudah. Pada umumnya menggunakan rumus tinggi badan dikurangi 110,maka hasilnya itu adalah berat badan yang ideal. Namun pada kenyataannya, cara tersebut bukanlah cara yang akurat menurut badan kesehatan dunia atau WHO. Mereka membuat perhitungan yang tepat untuk menentukan berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi tubuh.

Rumus tersebut disebut dengan BMI atau Body Mass Index. Cara menghitungnya yaitu berat badan dalam satuan kg di bagi dengan tinggi badan yang sudah dikuadratkan dalam satuan meter. Misalkan berat badan yang dimiliki adalah 90 kg, dan tinggi badan 165 cm. Sehingga BMI = 90 / (1. 65x1. 65) = 33. Jika BMI Anda 33 berarti termasuk dalam kategori obesitas. Untuk tiap orang berat badan yang ideal berbeda-beda tergantung dengan tinggi badan mereka masing-masing. Dan ada beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa tiap berat badan yang ideal untuk tiap orang berbeda. Di antaranya karena faktor genetika, pola makan, dan kebiasaan hidup. Biasanya jika sudah karena faktor genetika maka akan sulit untuk mengubahnya.

Untuk mengetahui berat badan ideal dengan cepat, berikut ada gambarannya mengenai berat badan yang ideal dan tinggi badan untuk pria dan wanita. Untuk yang memiliki tinggi badan 155 cm, berat badan ideal untuk pria adalah sekitar 57 – 60 kg. Jika di bawah kisaran tersebut, berarti berat badannya kurang. Dan jika lebih berarti bisa dibilang overweight. Sedangkan untuk wanita, yang ideal adalah sekitar 49-55 kg. Lalu dengan tinggi badan 157 cm, bagi pria berat badan yang ideal adalah 58-61 kg dan untuk wanita sekitar 50-56 kg. Jika tinggi badan 160 cm, maka berat badan yang ideal untuk pria adalah sekitar 59 – 61 kg, sedangkan untuk wanita adalah 51 – 57 kg. Misalkan jika tinggi badan seorang pria adalah 160 cm dan ia memiliki berat badan di bawah berat badan ideal tersebut misalnya adalah 55 kg, maka berat badan pria tersebut adalah underweight. Dan jika lebih dari berat badan yang ideal atau misalnya 62 kg, maka berat badan pria tersebut bisa dibilang normal namun dalam kategori besar.

Akan tetapi, jika lebih dari itu atau sebesar 65 kg, maka bisa dikatakan pria tersebut overweight. Namun hitungan tersebut juga tidak terlalu memaksakan Anda untuk melakukan berbagai cara yang bisa membahayakan diri Anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Ada baiknya jika Anda melakukan dengan cara yang alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan atau menambahkan berat badan Anda.

Description: Berat badan ideal untuk setiap orang berbeda-beda baik itu untuk pria maupun untuk wanita. Berat badan yang ideal ditentukan berdasarkan dari tinggi badan orang tersebut.
Read More

Monday, 26 May 2014

// // Leave a Comment

Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?

Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?
Berat Badan Ideal, Bagaimana Cara menghitungnya?
Setiap orang pastinya ingin memiliki berat badan ideal. Namun beberapa orang masih meremehkan tentang hal itu. Padahal dengan memperhatikan berat badan memberikan pengaruh yang baik untuk kesehatan tubuh. Setiap orang pastinya memiliki berat badan yang berbeda.

Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti misalnya makanan yang dikonsumsi, faktor genetic, maupun kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Sebelum mengetahui cara menghitung berat badan ideal, berat badan sendiri terdiri dari tiga jenis. Yang pertama yaitu jenis underweight atau yang dikenal dengan kurus. Berat badan ini berada di bawah normal.

Seseorang mengalami berat badan yang kurang dikarenakan kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh atau karena anoreksia. Anoreksia adalah suatu gangguan pada pola makan. Yang kedua adalah normal weight. Normal weight adalah berat badan yang normal. Tubuh dapat memiliki berat badan yang normal jika asupan makanan mencukupi gizi yang seimbang. Dan yang terakhir adalah overweight di mana tubuh mengalami berat badan yang berlebih.

Berat badan yang berlebih bisa dikarenakan beberapa faktor. Seperti pola makan yang tidak tepat, makanan yang dikonsumsi tidak memiliki gizi yang seimbang, dan bisa juga karena faktor genetika. Jika badan mengalami overweight, biasanya mudah terkena penyakit seperti misalnya diabetes atau asam urat. Bentuk tubuh yang ideal bukan suatu patokan yang harus diikuti untuk memperoleh berat badan ideal. Bentuk tubuh yang dimiliki oleh seorang model memang jika dilihat sangat bagus.

Akan tetapi menurut pakar kesehatan, tubuh yang dimiliki oleh model bukanlah tubuh yang sehat dan tidak patut untuk dicontoh. Berat badan yang ideal ditentukan berdasarkan dari tinggi tubuh sendiri. Lalu bagaimana cara menghitung berat badan yang tepat? Berikut ini akan disajikan cara yang tepat mengukur berat badan yang ideal. Cara mengukur berat badan ideal yang pertama adalah dengan menggunakan rumus IMT atau Indeks Masa Tubuh.

Cara ini cara yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Untuk menghitung berat badan yang ideal dengan cara ini cukup mudah. Berat badan Anda dalam satuan kilogram dibagi tinggi badan dalam satuan meter yang sudah dikuadratkan terlebih dahulu. Untuk mengetahui hasilnya ideal atau tidak, ada keterangan klasifikasinya. Jika IMT < 18,5 maka underweight. Jika IMT = 18,5 – 24,9 maka normalweight, jika IMT = 25 – 29,9 maka overweight. Dan jika lebih dari 30 maka obese.

Lalu selanjutnya cara mengukur berat badan yang ideal yang kedua adalah dengan menggunakan rumus. Rumusnya yaitu tinggi badan dikurangi 100 lalu dikali 90%. Setelah itu hasilnya dikali 90% lagi. Makan akan ditemukan berat badan yang ideal berapa. Jika hasilnya lebih besar dari 10-20% dari berat badan ideal Anda berarti Anda overweight. Namun jika hasilnya lebih dari 20% berarti obesitas. Jika kurang dari 10% berarti underweight.

 Description: Berat badan ideal dapat diukur dengan dua rumus. Dengan mengetahui berapa berat badan yang ideal maka dapat membantu mengetahui keadaan kondisi kesehatan.
Read More

Saturday, 24 May 2014

// // Leave a Comment

Berat Badan Ideal Untuk Fitness

Banyak ahli mengatakan bahwa sebenarnya berat badan ideal untuk fitness itu tidak ada. Ini karena setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda, sehingga berat badan mereka tidak bisa dihitung berdasarkan rata-rata hanya untuk mendapatkan angka ideal. Namun berat badan ideal yang sehat dapat dihitung dengan menggunakan tabel Body Mass Index (BMI). Berbagai website dapat memberikan informasi yang benar mengenai cara penghitungan BMI, namun secara umum penghitungan berat badan ideal dengan melihat tabel BMI bisa dihitung dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam centimeter lalu hasilnya dikali lagi dengan tinggi badan dalam centimeter.
Angka berat badan ideal berdasarkan BMI harus berada di antara angka 18 dan 23. Namun rumus ini pun sangat tergantung pada kondisi lemak tubuh seseorang. Untuk mencapai berat badan ideal memang dibutuhkan usaha ekstra untuk membakar lemak dan mengurangi asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh. Olah raga yang tepat seperti melakukan fitness di pusat-pusat kebugaran dapat membantu membakar lemak. Instruktur fitness biasanya akan membuat program khusus bagi Anda untuk mendapatkan berat badan ideal yang diinginkan. Namun, hal ini harus diikuti dengan pola makan yang sehat dan pemilihan jenis makanan yang tepat.
Memiliki berat badan ideal bukan hanya mengenai penampilan yang langsing atau atletis. Berat badan yang ideal mengindikasikan bahwa Anda memiliki kesehatan yang juga ideal, baik kesehatan fisik maupun mental. Orang yang menjaga berat badan ideal dapat menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit serius seperti diabetes, hipertensi dan stroke. Penyakit-penyakit tersebut biasanya lebih sering dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan dan hanya melakukan aktifitas fisik yang minim. Memiliki berat badan ideal juga membuat kesehatan mental terjaga karena tingginya kepercayaan diri karena memiliki tubuh yang sehat dan bugar.
Memiliki kelebihan berat badan yang jauh dari berat badan ideal tentunya mempengaruhi psikologis seseorang. Orang yang kegemukan akan kesulitan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menuntut mobilisasi tinggi, selain itu ia akan cenderung mendapat ejekan dari lingkungannya. Orang gemuk yang jauh dari berat badan ideal juga sangat rentan mengalami hipertensi dua hingga lima kali lipat dibandingkan mereka yang tidak kegemukan. Resiko kesehatan lainnya seperti kanker, serangan jantung koroner dan stroke juga jarang terjadi pada mereka yang memiliki berat badan ideal.
Untuk mendapatkan berat badan ideal untuk fitnes yang ideal adalah dengan melakukan program-program yang dirancang khusus untuk setiap orang. Mintalah instruktur fitness Anda untuk membuatkan program latihan yang tepat agar anda bisa mendapatkan berat badan ideal untuk fitness. Lakukan program latihan tersebut secara rutin dan kontinyu agar keinginan Anda untuk mendapatkan berat badan ideal dapat segera terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Deskripsi: Berat badan ideal untuk fitness bisa diukur melalui tabel BMI yang menggunakan ukuran berat dan tinggi badan. 
Read More